Deskripsi Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI)

Pendidikan Agama (Islam)

Tehnik Kimia, UPN Veteran Yogyakarta 2010-2011

Deskripsi Mata Kuliah

Pendidikan Agama Islam dirancang untuk mempelajari Agama Islam guna memperkuat keimanan mahasiswa kepada Allah SWT, serta memperluas wawasan hidup beragama. Dalam perkuliahan ini secara umum membahas tentang esensi ajaran Islam baik yang berkenaan dengan Akidah, Syari’ah maupun Akhlak/Tasawuf.

Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi bertujuan untuk membantu terbinanya mahasiswa yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berfikir filosofis, bersikap rasional, berpandangan luas, ikut serta mengembangkan dan memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk kepentingan manusia. Mata kuliah Pendidikan Agama merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian dalam susunan kurikulum inti Perguruan Tinggi di Indonesia. Bobot mata kuliah ini adalah 2 SKS dan wajib diambil oleh setiap mahasiswa yang beragama Islam pada semua program/ jurusan.

Materi:

1. Pengantar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (deskripsi, tujuan, metodologi memahami Islam)

2. Manusia dan Agama (manusia sebagai ciptaan Allah yang paling sempurna, kebutuhan manusia akan agama sebagai pedoman hidup)

3. Agama Islam (Sejarah dan sumber ajaran Islam)

4. Dasar dan Metodologi dalam Ajaran Islam (Akidah, Syari’ah, Akhlak)

5. Akidah (Arti dan ruang lingkup akidah, akidah dan/ tauhid, rukun iman)

6. Implikasi Akidah dalam konteks sosial (Akidah sebagai norma hidup manusia, Tauhid individu dan Tauhid Sosial, Tauhid dan persoalan Umat Islam saat ini)

7. Syari’ah (Sumber-sumber syari’ah dalam Islam, kedudukan Fiqh dalam Islam, Rukun Islam dan penjabarannya)

8. Syari’ah dan persoalan pedoman hidup umat Islam (pengertian dan nilai pentingnya pedoman hidup bagi manusia, syari’ah sebagai pedoman hidup umat Islam, kepekaan syari’ah akan kebutuhan terkini umat Islam)

9. Akhlak (pengertian, tujuan, ruang lingkup akhlak, nilai guna akhlak dalam kehidupan umat Islam)

10. Akhlak dan persoalan modern Umat Islam (perbedaan akhlak dengan etika dan moral, akhlak dan mu’amalah umat Islam,HAM dan lingkungan)

11. Ilmu Pengetahuan dalam Islam (ajaran Islam tentang pengetahuan, perkembangan pengetahuan bagi Islam)

12. Jihad dan ijtihad

13. Analisis

14. Post review

Leave a comment